Home » » 4 Penyebab Sariawan pada Mulut

4 Penyebab Sariawan pada Mulut

4 Penyebab Sariawan pada Mulut

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat berbagai macam infeksi ataupun luka pada rongga mulut. Sariawan pada dasarnya tidak berbahaya bagi penderitanya, akan tetapi penyakit ini tergolong sangat mengganggu penderitanya.
Untuk bisa menghindari sariawan, kita perlu mengetahui beberapa penyebab sariawan berikut ini :
4 Penyebab Sariawan pada Mulut
sariawan

1. Bagian Rongga Mulut Tergigit saat Mengunyah

Salah satu penyebab utama terjadinya sariawan adalah tergigitnya bibir ataupun bagian dalam mulut lainnya ketika mengunyah ataupun berbicara. Ketika bagian rongga mulut (seperti bibir, lidah ataupun pipi bagian dalam) tergigit, maka seketika akan terjadi infeksi pada rongga mulut yang berujung pada sariawan. Lama proses penyembuhan dari sariawan karena tergigit ini sangat relatif, bergantung kepada kondisi tubuh dan juga asupan makanan yang dikonsumsi.

2. Kekurangan Vitamin dan Zat Besi

Kekurangan vitamin B12, vitamin C, dan Zat Besi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya sariawan. Vitamin B12, C dan juga Zat Besi merupakan tiga nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika ketiga nutrisi ini tidak tersedia dengan cukup, maka berbagai macam bakteri ataupun virus dapat dengan mudah menyerang dan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti salah satunya sariawan.

3. Kuman dan Bakteri pada Rongga Mulut

Pada dasarnya kuman dan bakteri yang ada pada mulut merupakan satu – satunya penyebab terjadinya sariawan pada rongga mulut. Meskipun begitu, kuman dan bakteri ini biasanya hanya mampu menyebabkan sariawan ketika sistem imun dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, ataupun ketika ada luka di bagian rongga dalam mulut. Kuman dan bakteri pada rongga mulut ini sendiri tidak hanya menyebabkan sariawan tetapi juga menyebabkan berbagai macam keluhan lainnya seperti sakit gigi dan gigi berlubang.

4. Kawat Gigi

Pemasangan kawat pada gigi memang telah terbukti mampu membantu memperbaiki struktur susunan dan juga posisi gigi. Sayangnya, pemasangan bracket kawat gigi sering kali menyebabkan luka pada bagian gusi. Ketika gusi mengalami luka, maka secara otomatis bakteri yang ada dalam rongga mulut dapat dengan mudah menyebabkan infeksi yang berujung pada sariawan.

Itulah 4 penyebab Sariawan pada mulut yang harus kita hindari. Semoga bermanfaat!
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 10:51 AM

2 comments:

  1. kalau saya kemaren kena sariawan gara2 istri gan...ada gak solusinya obatnya...ciaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu penyebab sariawan nya, ga usah di obatin gan, percuma hahahahaaa

      Delete

Popular Posts

Join This Site