Home » » 5 Gejala Penyakit Maag

5 Gejala Penyakit Maag

5 Gejala Penyakit Maag

Berawal dari rasa penasaran atas keluhan istri beberapa hari belakangan mengenai rasa tidak nyaman pada perut, mulai dari rasa nyeri, kembung dan mual. Yang konon menurut para rekan dan orang tua yang menyimpulkan bahwa hal itu terjadi akibat penyakit maag, maka saya coba untuk mencari tahu lebih jauh tentang gejala yang terjadi. Karena mengetahui berbagai macam gejala penyakit sangat lah penting agar tindakan diagnosa penyakit dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan tepat. Penyakit maag itu misalnya, ada banyak orang yang tidak mengetahui gejala maag sama sekali. Padahal hal ini sangat penting untuk diketahui, terutama untuk orang – orang yang sering tidak teratur jadwal makannya.
Berikut ini merupakan beberapa gejala awal pertanda penyakit maag yang banyak ditemui oleh para penderita maag :
5 Gejala Penyakit Maag
5 Gejala Penyakit Maag


5 Gejala Penyakit Maag

1. Nyeri pada Perut dan Dada
Gejala sakit maag yang paling umum dirasakan oleh kebanyakan penderitanya adalah rasa nyeri pada Perut dan atau Dada. Rasa nyeri pada dua bagian tubuh ini biasanya akan terasa ketika penderita telat makan, ataupun begitu penderita selesai makan.

2. Kembung
Kembung merupakan gejala penyakit maag kedua yang paling banyak dirasakan oleh para penderita maag. Rasa kembung yang menandai penyakit maag biasanya terjadi dalam waktu yang cukup panjang, atau dalam beberapa kasus tertentu kembung hanya terjadi ketika penderita maag baru selesai mengonsumsi makanan. Kembung biasanya terjadi akibat reaksi gas dalam lambung yang tertekan akibat masukknya makanan yang dikonsumsi.

3. Sering Bersendawa
Masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, sendawa berlebihan juga disebabkan oleh kandungan gas berlebih yang ada pada lambung. Ketika gejala kembung tidak terjadi/dialami, maka biasanya gejala maag pengganti kembung yang muncul adalah sendawa. Ketika sendawa terjadi, gas yang ada di dalam lambung berhasil dikeluarkan dari dalam perut melalui mulut.

4. Sering Merasa Lapar
Dalam tingkatan sakit maag yang paling awal, penderita biasanya akan lebih sering merasa lapar dibandingkan dengan hari – hari biasanya. Rasa lapar berlebihan yang menandakan gejala sakit maag ini biasanya terjadi di waktu malam hari. Perlu Anda ketahui, agar penyakit maag tidak berlanjut/mengarah pada stadium kronis, Anda perlu menuruti rasa lapar ini dengan mengonsumsi makanan – makanan yang kaya akan kandungan serat dan rendah kalori.

5. Mual dan Muntah
Pada kondisi penyakit maag kronis, penderita maag biasanya juga mengalami gejala penyakit maag yang satu ini. Gejala mual dan muntah pada penderita maag pada dasarnya masih berkaitan dengan poin gejala nomor 2 dan 3. Jika gejala no 2 dan 3 terjadi ketika maag baru terjadi, maka gejala mual dan muntah akan terjadi ketika maag sudah kronis. Penyebab gejala mual dan muntah ini pada dasarnya adalah kandungan gas yang sangat besar pada lambung yang tidak dapat dikeluarkan baik melalu sendawa ataupun melalui buang gas.


Dari beberapa gejala penyakit maag ini, memang bisa disimpulkan bahwa gejala yang di alami oleh istri  adalah penyakit maag.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 2:44 PM

4 comments:

  1. saya sering kembung, berarti termasuk gejala penyakit maag dong nih...hati-hati ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. perut yang sering kembung memang salah satu ciri atau gejala penyakit maag kang lembu,,tapi kalau perutnya kembung terus2an berarti besok diganti namanya bukan mang lembu tapi jaka kembung...mantaaap

      Delete
  2. kalau saya nganu gan,,saya sering kena penyakit maag juga tapi kambuhnya itu kalau malam,apalagi musim dingin gini,,,bentar bentar mah,.mah..hmm mamah..gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaaaa....... kang muhtar ini bisa aja... kalo itu namanya mah yang ditunggu tunggu dooong

      Delete

Popular Posts

Join This Site