Home » » Cara Efektif Mencegah Kulit Kusam

Cara Efektif Mencegah Kulit Kusam

Cara Efektif Mencegah Kulit Kusam

Memiliki kulit kusam adalah hal yang paling menjengkelkan. Oleh karena itu, berbagai upaya akan dilakukan untuk mencegah kulit kusam dan mendapatkan kulit yang lebih halus dan berseri, walaupun harus melakukan operasi kulit atau mengkonsumsi produk kecantikan kulit yang harganya mahal.
Sebenarnya disekeliling kita terdapat begitu banyak bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan dan manfaatkan untuk mencegah kulit kusam dan mendapatkan kulit yang lebih halus dan berseri, salah satunya adalah mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi memperbaiki jaringan kulit yang rusak serta melindungi kulit dari efek negatif akibat paparan sinar ultra violet.
Cara Efektif Mencegah Kulit Kusam
image by google

Tiga Jenis Buah-buahan Untuk Mencegah Kulit Kusam

Berikut ini 3 jenis buah yang sebaiknya anda konsumsi secara rutin dan teratur jika anda ingin mencegah kulit kusam dan mendapatkan kulit anda lebih halus dan berseri.

1.Semangka

Buah semangka mengandung senyawa antioksidan yang terbukti efektif membantu melindungi kulit dari pengaruh negatif akibat paparan sinar ultra violet.  Terkena paparan sinar ultra violet dalam waktu yang lama menyebabkan terjadinya penuaan pada kulit, merusak  lapisan kulit paling dalam, dan merubah warna kulit menjadi kuning dan kusam.
Keri Glassman, RD, seorang ahli gizi dan pendiri NutritiousLife.com mengatakan bahwa senyawa antioksidan inilah yang menyebabkan warna merah pada kulit semangka dan tomat, yang membantu mencegak kerusakan pada kulit akibat paparan sinar ultra violet.

2.Delima

Buah delima juga mengandung antioksidan yang tinggi, yaitu vitamin C. Mengkonsumsi buah delima secara rutin dan teratur akan membantu mencegah garis-garis halus, keriput dan kekeringan pada kulit dengan cara  menetralisir radikal bebas yang berasal dari luar.
Berdasarkan sebuah hasil penelian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah yang banyak membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kekeringan dan keriput pada kulit, khususnya pada wanita separuh baya.  Hasil penelitian juga menemukan bahwa buah delima sangat efektif membantu meningkatkan produksi kolagen, menyebabkan kulit lebih kencang, dan mengandung asam ellagic. Asam ellagic adalah bahan kimia alami yang membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat paparan sinar ultra violet.

3.Tomat

Buah tomat mengandung antioksidan tinggi yang bernama lycopene. Lycopene ini memberikan efek positif pada kulit dengan menjadikannya lebih segar dan berseri, mencegah kulit kusam, melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, dan mencegah kerutan akibat penuaan dini.
Mengutip ucapan seorang ilmuwan dermatologi yang bernama Prof Birch-Machin, di mana dia mengatakan bahwa Lycopene merupakan antioksidan kuat,  yang dapat mengurangi respon inflamasi terhadap kerusakan UV dengan menetralkan molekul berbahaya yang diproduksi di kulit. Kerusakan akibat sinar matahari yang diakibatkan paparan UV termasuk keriput dini dan kanker kulit. Tingkat tertinggi lycopene yang ditemukan adalah dalam tomat olahan yang digunakan dalam saus tomat, sup dan jus yang lebih mudah terserap ke dalam tubuh.

Inilah 3 jenis buah yang terbukti efektif mencegah kulit kusam dan menjadikan kulit lebih halus dan berseri. Penjelasan para pakar kesehatan di atas semakin menguatkan hal ini. Cobalah untuk mengkonsumsi salah satu dari ketiga buah di atas dengan cara memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus terlebih dahulu baru diminum. Semoga bermanfaat!
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 9:56 AM

4 comments:

  1. okh jadi beberapa buah tersbt dapat mencegah kulit kusam...patut dicoba nich gaes..soale kulit saya kusam..apalagi kalau kena sinar matahari langsung...yaah maklum pak pekerjaan saya emang menantang sinar matahari...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo di coba gan, tapi anjurannya di minum langsung atau di jus ya. Jangan di buat lulur heheee

      Delete
  2. wah saya nggak begitu suka sama ketiga jenis buah tersebut nih mas.padahal bagus banget untuk ksehatan kulit ya
    kudu belajar menyukai nih.
    makasih tipsnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang banyak yg kurang suka sama buah buahan, padahal khasiatnya luar biasa loh.
      semoga bermanfaat

      Delete

Popular Posts

Join This Site