Home » » Cara Menghindari dan Mengobati Sariawan dengan Cepat

Cara Menghindari dan Mengobati Sariawan dengan Cepat

Cara Menghindari dan Mengobati Sariawan dengan Cepat

Sariawan pada dasarnya dapat dihindari ataupun diobati dengan mudah dan cepat. Ada banyak sekali media yang dapat digunakan untuk mencegah dan juga mengobati sariawan, karena memang penyebab sariawan pun sangat banyak. Berikut ini merupakan beberapa cara yang telah terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati sariawan :
Cara Menghindari dan Mengobati Sariawan dengan Cepat
image by google


Cara Menghindari dan Mengobati Sariawan

1. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan untuk kekebalan tubuh seperti vitamin C dan vitamin B12 telah terbukti dapat mencegah terjadinya sariawan. Untuk memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi penting ini, Anda dapat mengonsumsi buah – buahan ataupun sayuran yang mengandung kedua vitamin ini. Beberapa buah dan sayur yang mengandung kedua vitamin ini yaitu Jeruk, Lemon, Bayam dan Brokoli.

2. Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Kandungan zat besi dalam tubuh telah terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya itu, kandungan zat besi juga dapat membantu mencegah terjadinya sariawan. Beberapa makanan yang sangat kaya akan kandungan zat besi yaitu bayam, brokoli, dan kacang – kacangan.

3. Jaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut

Seperti yang telah kita ketahui, penyebab utama terjadinya sariawan adalah kuman dan juga bakteri jahat yang menumpuk pada rongga mulut. Untuk itu, jika ingin mencegah ataupun mengobati sariawan, kita harus bisa mengatasi kuman dan juga bakteri penyebab terjadinya sariawan ini. Untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan mulut, setidaknya Anda harus menyikat gigi, gusi, dan lidah dua kali sehari. Untuk memberikan hasil yang terbaik, Anda dapat menggunakan obat kumur setelah selesai menyikat gigi.

4. Sikat Gigi dengan Benar

Menyikat gigi dengan benar dapat menghindari terjadinya luka pada gusi. Untuk menghindari luka pada gusi, Anda tidak perlu menyikat gigi dan gusi dengan keras dan juga menekan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

5. Obat Sariawan

Untuk mengobati sariawan, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai macam obat sariawan yang tersedia. Anda dapat mengonsumsi berbagai macam antibiotik (jenis antibiotik perlu dikonsultasikan dengan dokter) ataupun mengonsumsi berbagai makanan alami (seperti yoghurt, jeruk, dll) yang telah terbukti dapat menyembuhkan sariawan.
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari ataupun mengobati sariawan dengan cepat. Atau mungkin ada rekan- rekan yang mempunyai cara lain dalam mengobati sariawan dengan cepat, silahkan coret- coret. Semoga bermanfaat ya!


Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 12:13 PM

4 comments:

  1. sariawan memang termasuk sakit ringan tetapi jika tidak diobati menyiksa juga, makanya patutlah kiranya tahu cara menghindarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang, kecil siiih tapi menyiksa
      hehehehee

      Delete
  2. kalau lagi sariawan susah makan ya mas.. gara gara suka makan mie baso jd panas dalam dan berujung sariawan.. untung disini ada tipsnya

    ReplyDelete
  3. apalagi kalau mie baso nya pedes, minumnya es campur.... Waaaah

    ReplyDelete

Popular Posts

Join This Site