Home » » 4 Penyebab Insomnia yang Harus Anda Ketahui

4 Penyebab Insomnia yang Harus Anda Ketahui

4 Penyebab Insomnia yang Harus Anda Ketahui

Pernah mendengar atau bahkan pernah terkena insomnia. Apa sebenarnya insomnia itu.
Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang sulit untuk tidur. Insomnia dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja baik oleh anak – anak ataupun orang dewasa. Penyebab terjadinya insomnia sendiri juga sangat beragam. Beberapa diataranya adalah sebagai berikut :

4 Penyebab Insomnia yang Harus Anda Ketahui
4 Penyebab Insomnia yang Harus Anda Ketahui

4 Penyebab Insomia

1. Stress

Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu univeristas di Indonesia, ditemukan bahwa penyebab utama terjadi nya insomnia adalah stress. Ketika stress terjadi, otak akan bekerja lebih keras dari biasa nya, dan ketika hal ini terjadi, tubuh menjadi terangsang untuk menjadi siaga lebih lama dari biasanya.

2. Suasana yang Tidak Mendukung

Untuk bisa tidur dengan nyaman, Anda memerlukan situasi ruangan tidur yang mendukung. Jika suasana ataupun situasi ruangan tidur Anda berantakan, berisik, atau bahkan tidak layak untuk dijadikan tempat istirahat, maka sudah sewajarnya Anda mengalami kesulitan untuk tidur.

3. Cemas

Selain stress, terlalu cemas akan sesuatu hal biasanya juga dapat menyebabkan terjadinya insomnia. Hampir sama dengan ketika mengalami stress, ketika cemas otak cenderung akan bekerja lebih keras ataupun lebih lama dari biasanya. Dampaknya kita akan menjadi sulit memejamkan mata karena terbayang – bayang berbagai macam kemungkinan yang mungkin terjadi terhadap berbagai macam hal yang kita cemaskan.

4. Penyakit

Beberapa macam penyakit seperti sesak nafas atau pun batu ginjal sering kali juga membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur. Ketika sesak nafas terjadi, kita menjadi cenderung lebih sulit untuk bernafas. Padahal untuk bisa tidur dengan nyenyak kita membutuhkan akses pernafasan yang lancar dan tidak terhambat.


Itulah beberapa penyebab insomnia yang harus Anda ketahui. Untuk mengatasi masalah insomnia yang disebabkan oleh 4 hal di atas, Anda sebaiknya melakukukan berbagai macam tindakan pencegahan ataupun penyelesaian berbagai hal di atas. 

Anda harus mengondisikan ruangan istirahat Anda hingga benar – benar nyaman untuk digunakan, Anda harus mampu menenangkan diri Anda dan menghindari terjadinya stress ataupun rasa cemas berlebihan, dan Anda harus mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh Anda.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 1:24 PM

2 comments:

  1. insomnia penyakit susah tidur,ini penting sekali dibaca,soale saya sering banget ngerasa gak bisa tidur,ternyata penyebabnya stress,suasana tidak mendukung,cemas atau karena menderita suatu penyakit,,sepertinya perlu penekanan pada penyebab stress gan,,saya itu suka ga bisa tidur kalau lagi mikirin utang,,apa itu stress juga..hadewh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga pengaruh stres mbah, lha mbah ini mikirin utang apa mikirin kutang hehehehe

      Delete

Popular Posts

Join This Site