Home » » 4 Penyebab Sakit Mata Pada Anak

4 Penyebab Sakit Mata Pada Anak

4 Penyebab Sakit Mata Pada Anak

Kemarin sore, setelah pulang dari tempat bekerja, mendapati mata sebelah kiri anak saya memerah, tetapi tidak dengan yang sebelah kanan. Langsung saya tanyakan kepada istri, ternyata dia terkena sakit mata. Karena sebelumnya, sewaktu bangun tidur, ada belek yang berlebih di matanya.

Sakit mata merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh manusia. Meskipun penyakit ini tidak mematikan, akan tetapi tetap saja penyakit ini cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman para penderitanya, terutama anak - anak.

4 Penyebab Sakit Mata Pada Anak
4 Penyebab Sakit Mata Pada Anak

Karena pada dasarnya, Anak – anak biasanya cenderung lebih sering terserang penyakit mata dibandingkan dengan orang dewasa. Sakit mata pada anak - anak dapat disebakan oleh berbagai macam hal, seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Beberapa Penyebab Sakit Mata Pada Anak

1. Infeksi Virus

Penyebab terjadinya sakit mata pada anak – anak yang pertama adalah infeksi virus. Infeksi virus sering kali menyebabkan mata menjadi merah dan terasa sakit. Ketika mata terinfeksi oleh virus tertentu, mata biasanya akan terasa gatal, berair, dan bengkak. Bahkan, ketika inveksi virus di mata sudah cukup parah, mata biasanya akan terasa seperti terganjal oleh sesuatu.

2. Infeksi Bakteri

Selain infeksi virus, sakit mata juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa bakteri seperti bakteri staphylococcus dan pneumococcus merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sakit mata pada anak. Ketika terserang dua bakteri ini, mata biasanya akan terasa sangat perih dan cenderung akan mengeluarkan kotoran berupa belek jauh lebih banyak dibandingkan biasanya.

3. Luka pada Bagian Mata

Luka pada mata juga dapat menyebabkan rasa sakit pada mata. Dalam aktivitas sehari – hari, bola mata sering kali kemasukan debu ataupun benda kecil lainnya. Ketika mata kemasukan debu, maka secara tidak sadar kita akan mengucek mata dengan menggunakan tangan sehingga pada akhirnya mata mengalami iritasi / luka. Ketika mata sudah mengalami luka, maka mau tidak mau kita harus mengobatinya dengan menggunakan berbagai macam obat mata.

4. Alergi

Selain tiga penyebab sakit mata di atas, alergi juga dapat menyebabkan sakit mata pada anak. Alergi yang terjadi pada tubuh sering kali menyebabkan mata menjadi merah dan terasa sakit. Dalam kondisi yang parah, alergi juga bisa membuat mata menjadi bengkak dan juga berair.

Dari 4 penyebab sakit mata pada anak yang sudah saya sampaikan 

Sepertinya anak saya menderita sakit mata dari sebab yang ketiga. Pada saat dia bermain, matanya terkena debu dan tanpa sadar di kucek menggunakan tangan yang kotor, sehingga ada luka pada matanya.

Untuk itu, saya sebagai orang tua, harus lebih waspada terhadap adanya gejala perubahan yang terjadi pada anak.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 3:22 PM

8 comments:

  1. anak memang rentan terhdap penyakit,salah duanya sakit mata gan,,bisa dari bakteri,virus atau luka,,namanya juga anak kecil blm tau kalau bahaya,kadang2 maen kucek aja matanya...jadi lecet dah..terus kalau udah terlanjur sakit mata gmn cara ngobatinya gan

    ReplyDelete
  2. sakit mata pada anak yang pernah anak saya alami itu karena kotor debu,,maklum soale kalo naek motor pengenya didepan aja,,udah gitu gak pake kaca mata lagi,,jadi dech debunya bikin mata sakit...hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati hati loh gan, debu yang masuk ke mata itu, kalau di diamkan saya, bahaya...

      Delete
  3. saya juga penderita sakit mata mas, mata duitan wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah kalo itu, penyakit yang diderita sama banyak orang, trus ga mau di sembuhin teh..... hehehehehe

      Delete
  4. Sakit mata itu memang ga enaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun sakitnya.... Pasti ngga enak, karena ya memang rasanya pasti sakit
      heheheeee

      Delete

Popular Posts

Join This Site