Home » » Macam - Macam penyakit Diabetes Dan Gejalanya

Macam - Macam penyakit Diabetes Dan Gejalanya

Macam - Macam penyakit Diabetes Dan Gejalanya

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang terjadi sebagai dampak adanya kelainan metabolik yang timbul akibat ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi ataupun memanfaatkan hormon insulin. Penyakit Diabetes, merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia. Di Tahun 2013 saja, tercatat ada lebih dari 8 juta penduduk Indonesia yang terserang diabetes.
Salah satu poin penting yang harus dipahami mengenai diabetes adalah mengenai tipe atau macam diabetes itu sendiri dan gejala awal terjadinya penyakit ini. Mengenal macam- macam dan gejala diabetes berarti peduli dengan kesehatan dan juga keselamatan diri sendiri maupun orang yang kita sayangi.
Macam - Macam penyakit Diabetes Dan Gejalanya
Macam - Macam penyakit Diabetes Dan Gejalanya

Macam- macam Penyakit Diabetes 

Penyakit diabetes dapat dibedakan menjadi 3 jenis penyakit yaitu Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2, dan Diabetes Gestasional.

1. Diabetes Tipe 1
Diabetes Tipe 1 merupakan jenis diabetes yang terjadi akibat rusaknya organ pankreas yang ada dalam tubuh manusia. Kerusakan organ pankreas pada tipe diabetes ini biasanya terjadi karena kesalahan reaksi sistem kekebalan tubuh. Alih – alih melindungi tubuh dari berbagai macam serangan bibit penyakit, sistem kekebalan tubuh malah menyerang sel beta yang ada pada organ pankreas.
Ketika organ pankreas rusak, maka suplai insulin yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai hormon penting untuk proses pengolahan gula tidak dapat terpenuhi. Dampaknya, kadar gula dalam darah menjadi meningkat seketika dan berujung pada penyakit diabetes.

2. Diabetes Tipe 2
Berbeda dengan tipe diabetes yang sebelumnya, diabetes tipe 2 cenderung disebabkan oleh resistansi tubuh penderitanya terhadap hormon insulin. Pada tipe diabetes ini, organ pankreas yang berguna untuk memproduksi hormon insulin tidak mengalami masalah sama sekali. Sayangnya, insulin yang dihasilkan pada akhirnya menjadi tidak bermanfaat karena mutasi gen dalam tubuh yang berdampak pada sifat resistansi tubuh pada hormon insulin.

3. Diabetes Gestasional
Diabetes Gestasional yang sering juga disebut dengan diabetes tipe 3 merupakan diabetes khusus yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Penyebab utama terjadinya diabetes tipe ini adalah perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.
Dalam kondisi normal, jenis diabetes ini akan sembuh dengan sendirinya ketika masa kehamilan berakhir. Meskipun begitu, bayi yang dilahirkan oleh penderita diabetes ini biasanya cenderung lebih beriko terserang penyakit diabetes.

Untuk Anda yang belum mengetahui berbagai macam gejala diabetes, berikut ini informasinya telah saya siapkan untuk Anda :
Beberapa Gejala Penyakit Diabetes

         Beberapa Gejala Penyakit Diabetes

Beberapa Gejala Penyakit Diabetes

1. Bagian Tubuh Mengalami Mati Rasa
Kebanyakan penderita diabetes biasanya mengalami gejala awal berupa bagian tubuh yang sering mati rasa. Selain mati rasa, pada beberapa kasus, gejala ini juga dapat berupa rasa kebas ataupun kesemutan. Gejala ini biasanya terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti jari, tangan, ataupun kaki. Penyebab gejala ini sendiri adalah rusaknya berbagai macam saraf sebagai dampak peningkatan kadar gula dalam darah.

2. Berat Badan Berkurang
Gejala penyakit diabetes yang kedua adalah penyusutan bobot tubuh. Hampir seluruh penderita diabetes biasanya akan mengalami gejala diabetes awal berupa penyusutan bobot tubuh. Ketika diabetes menyerang, tubuh akan kehilangan kemampuan mengolah kadar gula dalam darah. Padahal, kadar gula dalam darah merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Maka dari itu, ketika energi dalam tubuh tidak terpenuhi, tubuh pun secara otomatis akan memanfaatkan cadangan energi lain yang ada dalam tubuh (dalam hal ini lemak dan juga otot). Efeknya, tubuh penderita diabetes akan menjadi lebih cepat kurus.

3. Penglihatan Mulai Kabur/Buram
Ketika kadar gula dalam darah naik, biasanya pembuluh yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke organ mata akan terganggu kinerjanya. Akibatnya organ penglihatan penderita diabetes pun menjadi buram. Gejala buramnya penglihatan ini biasanya cenderung lebih banyak dialami oleh para penderita diabetes type 2.
Masalah penglihatan pada penderita diabetes ini biasanya akan kembali pulih ketika kadar gula dalam darah telah stabil. Sayangnya, ketika kadar gula kembali meningkat, maka gejala kaburnya penglihatan ini akan kembali menyerang.

4. Masalah Kulit
Masih berkaitan dengan permasalahan sirkulasi darah akibat tingginya kadar gula dalam tubuh, diabetes biasanya turut menyebabkan disfungsional pada kelenjar keringat yang ada pada kulit. Dampaknya, kulit akan menjadi terlihat bersisik, kering, dan juga terasa gatal.

5. Mudah Lelah
Seperti yang telah kita ketahui bersama, penyebab utama terjadinya diabetes adalah ketidakmampuan tubuh dalam mengolah kadar gula dalam darah. Padahal, kadar gula dalam darah merupakan bahan baku utama pembentukan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, ketika seseorang terserang diabetes, masalah kekurangan energi dan juga cepat lelah biasanya tidak akan bisa dihindari. Gejala penyakit diabetes yang satu ini merupakan gejala yang paling banyak dirasakan oleh penderita diabetes.

Itulah macam-macam penyakit Diabetes dan gejala – gejala yang ditimbulkannya

Untuk bisa menghindari tiga jenis penyakit diabetes ini, Marilah kita mulai menerapkan pola hidup sehat dan juga rajin melakukan olah raga, karena di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat.


Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 11:24 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Join This Site