Home » » Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Kita Disadari

Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Kita Disadari

Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Kita Disadari

Penyakit Jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Tercatat setiap tahunnya ada lebih dari 1 juta manusia dari seluruh dunia yang meninggal karena penyakit jantung.Di Indonesia salah satu penyebab tingginya angka kematian manusia karena penyakit jantung adalah keterlambatan deteksi penyakit jantung.
Penderita jantung sering kali baru menyadari bahwa dirinya terserang penyakit jantung, setelah penyakit jantungnya berada pada stadium yang kronis. Hal ini sendiri, tidak lain disebabkan oleh ketidaktahuan penderita penyakit jantung terhadap berbagai macam gejala penyakit jantung.

Nah, agar hal ini tidak terjadi pada kita, maka sudah sepatutnya kita mengetahui beberapa gejala dari penyakit jantung berikut ini agar mudah untuk mendeteksinya:
Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Kita Disadari
Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Kita Disadari

Beberapa Gejala Penyakit Jantung

1. Sakit Kepala Berlebihan
Sakit kepala biasanya terjadi karena beberapa pembuluh darah pada otak mengalami permasalahan seperti tersumbat, ataupun suplai darah yang kurang. Tersumbatnya pembuluh darah ataupun tidak cukupnya suplai darah pada organ otak sendiri biasanya terjadi karena permasalahan pada organ jantung seperti kerusakan katup jantung, ataupun penebalan pembuluh arteri yang ada pada organ jantung.

2. Nyeri Dada
Rasa nyeri di bagian dada biasanya timbul ketika salah satu organ yang ada di rongga dada mengalami permasalahan. Pada kebanyakan kasus nyeri dada yang terjadi, organ yang paling sering bermasalah adalah organ jantung. Nyeri yang timbul pada bagian dada biasanya disebabkan berbagai macam pembuluh yang berhubungan dengan jantung mengalami penyumbatan sementara.

3. Mudah Lelah
Mudah lelah juga merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang umum terjadi. Ketika seseorang terserang penyakit jantung, maka aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan tersuplai dengan baik. padahal, untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas, tubuh membutuhkan suplai oksigen dan juga nutrisi lainnya yang berperan sebagai sumber energi dalam tubuh.

4. Sesak Nafas
Sesak nafas biasanya hanya terjadi ketika seseorang memang memiliki riwayat menderita sesak nafas. Ketika seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit sesak nafas menderita sesak nafas, maka kemungkinan besar orang tersebut telah terserang penyakit jantung. Ketika aliran darah ke seluruh tubuh terhambat, maka secara otomatis nafas akan menjadi tidak teratur, dan cenderung terasa sesak.

Itulah beberapa gejala penyakit jantung yang umum terjadi. Selain beberapa gejala di atas, ada beberapa gejala penyakit jantung lainnya seperti :
Sakit pada beberapa bagian tubuh, mual, pembengkakan, dan keluar keringat secara tidak normal.

Tidak ada salahnya bagi kita untuk lebih peduli kesehatan dengan memeriksakan diri kita secara berkala ke dokter, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 10:55 AM

2 comments:

  1. perlu sekali untuk selalu di ingat ya gan,,kalau merasakan gejala - gejala tersebut,,hmmm ternyata itu salah satu dari penyakit jantung,,trus bisa share juga donk gan cara mencegah penyakit jantung tersebut,,,trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cuma diingat kang, perlu di cek juga, buat antisipasi.....
      caara mencegahnya juga ada.... Sabar yaaa, pasti ada update nya

      Delete

Popular Posts

Join This Site