Home » » Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang paling banyak diderita di seluruh dunia, yang juga merupakan pembunuh nomor satu. Jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung mengalami penyumbatan. Jantung koroner biasanya disebabkan oleh penimbunan lemak dan juga masuk angin duduk.
Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Koroner
Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Koroner


Dua Penyebab utama Penyakit Jantung Koroner

1. Penimbunan Lemak

Penimbunan lemak merupakan penyebab utama terjadinya jantung koroner. Timbunan lemak berlebihan di dalam tubuh, dapat menyababkan penyempitan penebalan sel-sel pembuluh darah. Ketika penebalan terjadi, salurah pembuluh darah akan menjadi lebih sempit dari biasanya, atau bahkan dalam beberapa kasus tertentu, penebalan ini menyebabkan sel pembuluh darah benar – benar

2. Masuk Angin Duduk

Selain disebabkan oleh penimbunan lemak berlebih, jantung koroner sering kali timbul karena penyakit masuk angin duduk. Timbunan angin di dalam tubuh dapat menyebabkan penekanan pada lapisan sel-sel pembuluh darah. Ketika sel – sel pembuluh darah tertekan, ukurannya akan semakin menyempit, dan pada akhirnya dapat menimbulkan penyumbatan pada aliran darah.

Dua Gejala Utama Penyakit Jantung Koroner

1. Mati Rasa

Gejala umum yang banyak dialami oleh para penderita jantung koroner adalah mati rasa pada beberapa bagian tubuh. Gejala berupa mati rasa ini biasanya terjadi ketika penderita melakukan berbagai macam kegiatan dalam jangka waktu yang lama seperti duduk dengan melipat kaki selama berjam – jam, ataupun ketika tidur sambil menindih tangan.
Ketika pembuluh darah tersumbat, beberapa bagian tubuh akan mengalami kekurangan suplai darah. Kekurangan suplai darah ini lantas memicu gejala mati rasa sebagai dampak ketiadaan aliran darah dalam sel – sel tubuh.

2. Nyeri di Berbagai Bagian Tubuh Tertentu

Selain gejala berupa mati rasa, gejala umum lainnya yang juga sering terjadi adalah nyeri di beberapa bagian tubuh. Saat pembulu darah di bagian tubuh tertentu tersumbat, jantung akan memompa darah jauh lebih keras dari biasanya. Saat hal ini terjadi, maka rasa nyeri pada bagian tubuh yang tersumbat aliran daranya pun tidak akan bisa dihindari.
Itulah beberapa penyebab dan gejala penyakit Jantung koroner yang perlu Anda ketahui. Semoga Bermanfaat!


Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 11:56 AM

1 comments:

  1. bermanfaat gan,,,kalau jantung koroner itu menjadi pembunuh nomor satu manusia,apa kaitanya langsung dengan masuk angin duduk gan,,,

    ReplyDelete

Popular Posts

Join This Site