Home » » Gaya Berpakaian Pria Dalam Suasana Formal

Gaya Berpakaian Pria Dalam Suasana Formal

Gaya Berpakaian Pria Dalam Suasana Formal

Gaya berpakaian saya selama ini cenderung santai, karena walaupun di tempat kerja selama ini menerapkan aturan mengenai pemakaian seragam kerja yang formal, tetap saja saya memadukannya dengan paduan yang lebih santai, seperti dengan celana jeans ditambah dengan sepatu kets maupun safety, hampir  tidak pernah saya menggunakan celana berbahan katun dan sepatu pantofel dengan warna yang mengkilat. Rasanya, bukan saya banget jika harus menggunakan pakaian yang serba formal dalam kegiatan sehari- hari.

Hal ini berbeda ketika hari ini saya hendak menghadiri acara formal, undangan resmi, dari seorang rekan. Dari undangannya terlihat sekali bernuansa formal, dan pasangan saya pun memaksa untuk berpakaian formal pada acara tersebut. Padahal bagi saya, tentu gaya berpakaian formal terasa lebih sulit, tetapi harus harus bisa menyesuaikan.
Gaya Berpakaian Pria Dalam Suasana Formal
Gaya Berpakaian Pria Dalam Suasana Formal

Akhirnya saya harus browsing untuk mencari tahu bagaimana tips gaya berpakaian yang cocok bagi seorang pria yang ingin menghadiri pertemuan formal.

  • Menggunakan jas berwarna gelap
Jas yang tepat untuk acara formal adalah jas berwarna gelap seperti warna hitam, biru tua, abu-abu dan warna-warna gelap lainnya. Sebab, warna gelap lebih memberikan kesan resmi dan menampakkan karakter.

  • Menggunakan celana berbahan katun
Celana berbahan katun sangat tepat digunakan mendampingi jas yang dipadukan dengan kemeja putih, hal ini akan menambah kesan formal untuk sebuah penampilan.   

  • Menggunakan dasi dengan motif yang tepat
Memilih dasi yang tepat sangat penting, sebab hal itu mencerminkan kepribadian pemakainya. Menggunakan dasi berwana hitam tentu terlihat cocok dan resmi. Di lemari pakaian saya, ada setengah lusin dasi, lumayan banyak pilihan. Dasi itu saya dapatkan dari buah tangan rekan- rekan dan saudara yang pulang dari luar negeri. Sebuah dasi formal harus memiliki lebar tidak lebih dari tiga sampai empat inci dan harus menyentuh bagian atas gesper ikat pinggang.

  • Menggunakan jam tangan formal
Jam tangan yang tepat untuk suasana formal ternyata adalah Dress Watch atau jam tangan formal, bukan jam tangan yang bergaya sporty yang selama ini saya pakai. Untung saya masih menyimpan jam tangan peninggalan almarhum ayah saya, jadi bisa saya pakai untuk acara formal ini.

  • Menggunakan ikat pinggang yang berkualitas
Ikat pinggang yang cocok digunakan untuk suasana formal adalah ikat pinggang dengan kualitas yang baik. Kualitas baik bukan berarti mahal, sebab yang terpenting adalah penggunaan ikat pinggang yang cocok dengan sepatu yang saya pakai. Dan ternyata saya masih menyimpan ikat pinggang yang sesuai dengan sepatu saya.


  • Menggunakan sepatu yang sesuai dengan kombinasi pakaian 

Jenis sepatu yang cocok digunakan dalam suasana formal adalah sepatu yang sesuai dengan kombinasi pakaian yang akan saya gunakan. Dan satu- satunya koleksi sepatu formal yang miliki, baru saya pakai sekali sejak saya membelinya, yaitu saat acara pernikahan saya sendiri dua tahun lalu. Hehee…


Akhirnya saya siap untuk menghadiri undangan dari rekan saya, semoga saya bisa bisa berpakaian dalam suasana formal. Jika di lihat- lihat pada cermin, ternyata keren juga.
Doakan saya yaa.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 10:40 PM

11 comments:

  1. andai saya sanggup berpakaian seformal contoh model di atas, tentu keren dan gantengnya saya akan semakin kentara, sayang seribu sayang sulit untuk dapat berpakaian formal...gimana, coba kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri jika bukan karena faktor undangan, hampir ngga pernah pakai pakaian formal kang,
      tapi akang mah, berpakaian seperti gimana pun, tetep kentara koq gantengnya.....

      Delete
    2. hehe...terimakasih pujiannya...saya emang kerendari bayi.
      tungguin dalam 2 - 3 hari ini paket Ubi Cilembu akan segera tiba di rumahnya

      Delete
    3. kayaknya bakalan hujan gede nih wkwk..

      Delete
    4. mending kalu hujan gede mah emang di tungguin banyak orang...nah kalo hidung saya terbang ke begeri jiran...mo gimanasaya, coba?

      Delete
  2. kalau pria udah berpakaian rapih, ganteng ga ganteng tetap keren.. apalagi jika pakaian serasi dan modis, wuiih bidadaripun bisa kesandung wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehmm....semoga bidadari itu nyai, dan yang keren itu adalah saya....asiek euy

      Delete
    2. Kalo gitu harus rapih terus kang, Biar makin banyak bidadari yang kesandung
      heheheee.....

      Delete
  3. hmm berarti memang berbusana itu harus bisa menyesuaikan dengan keadaan ya pak..biar ga salah pilh gitu....thanks dah kl gitu,,mulai besok saya mau pakai yang sesuai dengan keadaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpakaian apa adanya atau adanya apa gan ??
      heheheee

      Delete

Popular Posts

Join This Site