Home » » 3 Penyebab Utama Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah

3 Penyebab Utama Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah

3 Penyebab Utama Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah

Kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab mengapa anda selalu merasa lelah. Sebab pada kenyataannya, kadang ada seseorang yang memiliki porsi tidur yang cukup di malam hari, namun di siang harinya tetap dilanda rasa lelah.
3 Penyebab Utama Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah
Image by google

Ada beberapa hal yang kelihatannya sepele, tapi ternyata bisa menjadi penyebab utama rasa lelah yang anda alami. Pada artikel kali ini saya akan menyebutkan 3 hal yang bisa menyebabkan seseorang selalu merasa lelah :

1.Tidak rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin terbukti efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat system kardiovaskular anda bekerja lebih efisien, serta memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh anda.
Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menunjukkan bahwa orang dewasa yang rutin berolahraga ringan selama 20 menit setiap hari selama tiga hari dalam seminggu tidak cepat merasa lelah dan lebih berenergi selama enam minggu ke depan.
Kurang berolahraga menyebabkan seseorang cepat merasa lelah dan ngantuk. Jika anda mengalami hal ini, jangan langsung membaringkan tubuh anda di sofa atau tempat tidur. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan terlebih dahulu atau berjalan-jalan santai selama 20 menit, setelah itu baru membaringkan badan.

2.Kurang minum air putih

Kurang minum air putih bisa menjadi salah satu penyebab anda selalu merasa lelah. Amy Goodson, RD, seorang ahli diet di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine mengatakan bahwa kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi.  Sedangkan dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, yang membuat darah menjadi lebih tebal. Ini mengharuskan jantung untuk memompa lebih efisien dan mengurangi kecepatan pengiriman oksigen dan nutrisi untuk mencapai otot dan organ.  Akibatnya anda merasa lelah.
Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi air putih secara rutin dalam jumlah yang dianjurkan  setiap hari. Untuk orang dewasa yang sehat dan melakukan aktivitas normal, maka jumlah yang dianjurkan adalah 2 liter setiap hari. Sedangkan usia lanjut yang beraktivitas normal sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 1 liter setiap harinya, maksimal 1,5 liter. Karena terkadang, factor kesibukan kita menyebabkan lupa untuk minum air putih.

3.Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Jika tubuh anda kekurangan zat besi, anda akan merasa cepat lelah, mudah marah, dan tidak dapat fokus. Hal ini disebabkan berkurangnya oksigen yang mengalir ke otot dan sel-sel tubuh.  Untuk mengembalikan kekuatan stamina anda, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang merah, tahu, telur, sayur-sayuran yang berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan juga selai kacang, dll. Makanlah makanan-makanan tersebut di atas berbarengan dengan makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin C, karena vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi bila dimakan bersama-sama.

Inilah 3 penyebab utama mengapa anda selalu merasa lelah. Mungkin ada dari rekan- rekan yang mau menambahkan penyebab lainnya, boleh koq nambahin untuk referensi kita semua.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 11:20 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Join This Site