Home » » Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Kita terkadang lupa pentingnya merawat kesehatan panca indra yang kita miliki, salah satu nya adalah mata. Seperti kata pepatah, mata adalah jendela dunia.
Oleh sebab itu, hendaklah kita semua menjaga mata kita agar selalu sehat, karena jika organ ini bermasalah, kita akan kesulitan untuk melakukan aktifitas sehari hari.
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini adalah tips tips cara mudah merawat kesehatan mata.

  • Jangan membaca terlalu dekat.

Bagi rekan yang hobi membaca, sangat lah penting memperhatikan jarak antara mata dengan buku yang kita baca, karena terkadang kita sering lupa saat membaca terkadang jaraknya terlalu dekat. Jarak ideal antara mata dengan buku adalah 30 cm. Hal ini untuk menghindari mata kita dari gejala rabun.
  • Gunakan cahaya yang cukup.
Dalam beraktifitas, seperti membaca, menonton tivi maupun bekerja di depan computer, perhatikanlah kecukupan cahaya ruangan, pastikan cahayanya cukup. Karena jika cahaya ruangan kurang terang atau redup, hal ini menyebabkan mata kita akan menjadi mudah lelah, dan dalam melakukan kegiatan diatas pun kita akan menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan mata kita.
  • Jangan mengucek mata.
Mata adalah salah satu organ yang sangat sensitif,  terkadang tanpa sengaja kita menyentuh mata bahkan jika tiba tiba ada rasa gatal, dengan refleks kita mengucek mata, padahal belum tentu tangan kita itu kotor atau bersih. Karena di sadari atau tidak, tangan kita merupakan sumber bakteri, saat menyentuh atau mengucek mata, maka akan terjadi iritasi pada mata.
  • Sering mengistirahatkan mata.
Biasakanlah kita untuk menyediakan sedikit waktu untuk sekedar mengistirahatkan mata, karena itu akan membuat mata kita menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Sering kali jika sudah terlalu sibuk bekerja di depan computer ataupun membaca, kita menjadi lupa, bahwa sesungguhnya mata kita membutuhkan istirahat sejenak. Sambil mengistirahatkan mata, mungkin bisa kita gunakan waktu untuk sekedar membuat kopi atau mencari cemilan sebelum melanjutkan pekerjaan nanti.
  • Gunakan pelindung mata.
Jika rekan bekerja diluar ruangan, biasakan lah menggunakan pelindung mata saat berktifitas, pelindung ini banyak macamnya, seperti, gunakanlah helm dengan kaca penutup, untuk menghindari mata kita dari kotoran, debu atau binatang yang masuk kemata. Lalu gunakan kaca mata dalam melakukan kegiatan kegiatan seperti mengelas , menggerinda atau mengoperasikan mesin mesin yang menimbulkan cahaya yang sangat menyilaukan. Karena hal itu bisa menyebabkan mata kita menjadi sakit.
  • Konsumsi makanan  kaya vitamin A
Hal yang tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan mata adalah, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A. Karena makanan tersebut akan menjadi nutrisi bagi mata kita. Ada banyak buah maupun sayuran yang baik bagi mata, karena mengandung vitamin A yang tinggi, seperti wortel, tomat dan pepaya. Atau sayuran seperti bayam, brokoli dan masih banyak lagi. Selain itu, Olahan susu, keju dan sereal pun merupakan makanan yang mengandung vitamin A.

Itulah beberapa cara mudah dalam menjaga kesehatan mata.

Kenapa saya bilang mudah?, karena yang dibutuhkan disini adalah kepedulian kita sendiri dalam menjaga aset yang sangat berharga. Semoga bermanfaat.
Aditya Windo
adekgoplem Updated at: 8:42 AM

2 comments:

  1. mengistirahatkan mata,hmmm saya setuju sekuali itu gan..agarmata kita senantiasa sehat \,ohya pntg jg refreshing atawa cuci mata gan...kikiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo refreshing, ga cuma mata yg istirahat dong gan,

      Delete

Popular Posts

Join This Site